XML singkatan dari "Extensible Markup Language" spesifikasi XML dideskripsikan rekomendasi W3C (http://www.w3org/TR/1998/REC-xml-19980210). XML memungkinkan Penciptaan dokumen struktur secara fleksibel. XML adalah subset SGML untuk penggunaan di web sebagai format pertukaran data XML adalah format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML ( ISO 8879, Tahun 1986). Awalnya XML dirancang untuk memenuhi tantangan publikasi elektronik skala besar. XML juga berperan besar dalampertukaran sangat beragam data diweb dan lainnya.
meski XML dan HTML sama-sama dirancang untuk digunakan diweb dan untuk pertukaran data, namun keduanya mempunyai maksud yang berbeda.
> HTML berisi tag-tag yang menandai cara dokumen yang ditampilkan tapi tidak ada informasi isi. HTML hanya berisi informasi tampilan (rendering information ) mengenai data yang dimuat tapi tidak ada informasi mangenai apa data yang berada didalamnya.
> XML mencoba memisahkan isi dan presentasinya. Pada XML, kita dapat mendefinisikantag sendiri untuk mendefinisikan struktur data di dokumen. Struktur data di dokumen XML terdeskripsi dengan sendiri ( self-descriptive ).
XML untuk mengatasi maslah interoperability yang banyak dijumpai di sistem terbesar yang disusun banyak client dan server dengan beraneka ragam kombinasi sistem operasi. XML merupakan bahasa markup serupa HTML yang memungkinkan memasukan data secara langsung di dokumen. sasaran yang dikehendaki adalah memfasilitasi aliran informasi dan interoperabilitasi tak berpenghambat antara servis-servis. XML dirancang untuk mempermudah pertukran dokumen terstruktur lewat internet.
XML pertama diperuntukkan memebuhi kebutuhan penyedia isi web bersekala besar untuk markup spesifik industri , pertukaran data netral vendor, publikasi independen media, pemasaran one-on-one, manajemen workflow dilingkungan authoring kaloboratif, dan pemrosesan dokumen web dengan klien-klien intelejen. juga diharapkan dapat digunakan pada aplikasi metadata tertentu.
Dokumen XML tersusun dari unit-unit disebut entitas, berisi data yang di prase atau tidak. Data yang di-prase tersusun dari karakter-karakter yang membentuk data serta markup. markup markup mengkodekan deskripsi layout penyimpanan dokumen dan struktur logik. XML meyediakan mekanisme memberikan konstrain layout dan struktur logik dokumen. modul perangkat lunak disebut XML processor membaca serta meyediakan pengaksesan isi dan struktur dokumen. Diasumsikan XML processor melakukan untuk modul lain yang disebut aplikasi. Spesifikasi mendeskripsikan perilaku yang diperlukan XML processor dalam cara membaca data XML dan informasi yang harus disediakan ke aplikasi.
Ketika menggunakan XML, kita dapat menciptakan satu dokumen terpisah yang mendefinisikan tag-tag yang absah dan serta aturan atau struktur dokumen XML terdapat dua tipe cara berbeda untuk tujuan ini, yaitu DTD ( Document Type Declaration ) dan XML schema. Kemudian, XML meyediakan sekumpulan servis transformasi data lewat XSL (Extensible Stylesheet Language ).

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top