XML adalah meta*language untuk merancang bahasa markup. XML serupa BNF untuk mendefinisikan aturan-aturan sintaks context free grammar. XML untuk mendefinisikan aturan-aturan sintaks dokumen XML. XML Berguna untuk:
  1. Menyediakan fasilitas mendefinisikan tag-tag dan struktur tag-tag itu.
  2. Tidak mendefinisikan tag-tag sehingga tidak menyatakan sematiks apapun.
  3. Semua semantiks dokumen XML akan didefinisika aplikasi yang memprosesnya atau oleh stylesheet.
Tag-tag XML tidak mengidefinisikan format tampilan  dokumen tapi elemen-elemen atau field-field data yang terstruktur. Interpretasi tag bergantung aplikasi pengguna DTD( Document Type Description ) untuk interpretasi dan pemerikasaan data. DTD atau skema mendeskripsikan field-field di dokumen XML. Gaya sheet presentasi dann struktur data. Revolusi XML adalah penekanan pada konteks teks. Dokumen XML distrukturkan menjadi dapat dibaca banyak mesin sehingga mendukung interakasi komputer seperti EDI ( Electronic Document Interchange ).
XSL ( eXtensible Stylesheet Language ) untuk memformat, sementara XSLT ( XSL Transformation ) mengubah suatu dokumen XML lain bahkan format file berbeda. Hal ini berarti satu dokumen XML dapat mengalami beragam transformasi, contohnya HTML atau pdf.
Banyak Implikasi cara standart markup data. penggunaan langsung XML adalah untuk mengkodekan data dalam format standart  yang disepakati sehingga dapat dipertukarkan dan dibaca pihak lain, bertindak sebagai pengganti Electronic Data Interchange. Beberapa perusahaan telah mengarah ke pendekatan XML. Aplikasi khusus untuk membaca dan menulis data diganti  XML praser. Dengan memanfaatkan keunggulan spesifikasi transformasi data ( XSLT ), website  dapat dibangun hanya menggunakan dokumen XML. Standar-standar baru berdasar XML secara cepat diadopsi untuk markup data sehingga memungkinkan komunikasi bisnis-ke-bisnis yang lebih luas dan bahkan memungkinkan pemanggilan prosedur antar komponen berbeda ( COM dan COBRA ) dan dieksekusi di platform-platform berbeda (Windows, Solari, Linux

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top